Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2010

Membangun Daya Saing dengan Menciptakan Inovasi Berbasis Pasar

Prather and Gundry dalam Ceramy (2001: 1), mendefinisikan inovasi sebagai implementasi ide ide yang bersumber dari dukungan struktur dan budaya kreativitas organisasi.Inovasi adalah munculnya suatu gagasan, proses produk, layanan jasa yang atau sesuatu yang bersifat baru bagi konsumen (Garcia and Galantone, 2002; dan Zhou et al., 2005).Menurut Hoffman (2000) inovasi dapat dilakukan melalui berbagai cara yaitu: (1) perusahaan mampu membuat produk yang sama, dengan proses yang lebih efisien; (2) perusahaan mampu membuat produk berkualitas yang lebih diminati oleh konsumen; (3) perusahaan mampu menggunakan faktor produksi yang lebih baik dan membuka pasar baru untuk produknya; (4) perusahaan mampu membuka sumber baru untuk bahan baku yang dapat memberikan nilai tambah pada faktor produksinya; dan (5) perusahaan mampu meningkatkan efektivitas organisasi yang ada sehingga lebih banyak sumber daya yang dapat dimanfaatkan . Ke lima cara diatas harus dilakukan dengan memperhatikan kondisi pas

Strategi Pemasaran Produk Lewat Facebook

Strategi adalah menentukan apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan agar mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Dengan kata lain strategi adalah cara yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidupnya dan memenangkan persaingan melalui keunggulan bersaing yang berkesinambungan. Pemasaran merupakan aktivitas utama dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang, dan mendapatkan laba Menurut Swastha (2000:5) mengutip pernyataan William J. Stanton yang menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Pemasaran terdiri atas serangkaian prinsip untuk memilih pasar sasaran (target market), mengevaluasi kebutuhan konsumen, mengembangkan barang dan jasa pemuas keinginan, memberi nilai pada konsumen dan laba bagi perusahaan. Konse

Membangun Citra Diri Polisi melalui Brand Kredibilitas Sebagai Penegak Hukum dan Penegak Bisnis

Definis Polisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah badan pemerintah yg bertugas memelihara keamanan dan ketertiban umum (menangkap orang yg melanggar undang-undang dsb); 2 anggota badan pemerintah (pegawai negara yg bertugas menjaga keamanan dsb); berdasarkan definisi tersebut maka keberadaan polisi sangat erat hubungannya dengan masyarakat untuk itu Polisi juga wajib menjaga tingkat kepercayaan masyarakat.Karena Hak dan kewenangan polisi itu ada jika dia didukung oleh masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa dalam membangun citra dan harga diri serta kehormatan polri harus menjaga hubungan dan peran polisi sebagai abdi masyarakat.Fenomena yang terjadi sekarang dimana polisi kehilangan citra dirinya sebetulnya diakibatkan karena polisi melupakan esensi dirinya sebagai abdi masyarakat dimana menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti pegawai pemerintah yang pada dasarnya mempunyai kewajiban melayani masyarakat.Kondisi persoalan bangsa kita saat ini menyebabkan terjadinya tuntutan

Pentingnya Kualitas Kemasan(atribut dan cara penyampaian atribut) untuk meningkatkan penjualan produk/jasa

Perilaku konsumen (consumer behavior)dapat didefinisikan sebagai kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk atau jasa. (Engel et al., 1994:3; Wilkie,1994:14; Lamb et al., 2001:188),sedangkan Peter dan Olson (2000:8), menjelaskan bahwa perilaku konsumen (consumer behavior) sebagai interaksi dinamis antara pengaruh kognisi (pikiran), perilaku, dan kejadian di sekitar kita,dimana manusia melakukan aspek pertukaran dalam hidup mereka. Definisi diatas menunjukkan perilaku konsumen adalah sesuatu yang dinamis dan dipengaruhi oleh multi dimensi yang berinteraksi baik secara langsung dan tidak langsung dalam pikiran konsumen dan mendorong konsumen untuk mengambil pilihan dan menentukan apa yang akan dilakukan.Kondisi inilah yang menjadikan para pemasar harus mempertimbangkan setiap aspek yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen tersebut.dan factor yang pertama yang menjadi ketertarikan konsumen adalah apa yang dilihat,untu

Kumpulan Tips Bisnis Updates Sejak Maret sampai dengan April 2010

Berikut adalah Kumpulan Tips Bisnis,hasil pengamatan dan studi lapangan yang dilakukan di Usaha Kecil dan Menengah Sejak Maret sampai April 2010: 1. Untuk bisa memenangkan persaingan,menjadi unggul saja tidak cukup,harus mampu menjadikan keunggulan kita diterima konsumen, 5:55 AM Apr 19th by Arasy 2. Belajarlah dari kesalahan dan kegagalan para pendahulu,buatlah nilai2 yg dapat menghindarkan dari kesalahan dan kegagalan tersebut 4:55 AM Apr 14th by Arasy. 3. Pisahkan dengan tegas antara kebutuhan dg keinginan,dan berfokus pada hal2 yg produktif dan profitable 4:08 PM Apr 11th by Arasy 4. Kebanyakan dari kegagalan kita disebabkan karena kita kehilangan fokus pada tujuan utama 3:20 PM Apr 8th by Arasy 5. untuk menjawab setiap masalah dg tepat dan benar,perlu dirumuskan akar masalahnya dan buat alternatif penyelesaiannya 5:00 PM Apr 7th by Arasy 6. Untuk bisa bersaing,dibutuhkan sikap hidup yg efisien,utk itu perlu skala prioritas dlm tindakan. 4:54 PM Apr 7th by Arasy 7. hidup t

Membangun Daya Saing Bisnis di era 2010 ke depan

Pada persaingan Bisnis 2010 kedepan sebuah perusahaan dituntut untuk melakukan revitalisasi pada proses bisnis yang dilakukan,karena tuntutan persaingan kedepan menuntut perusahaan untuk mampu memberikan suatu produk yang terbaik dan termurah kepada konsumen. Ini berarti bahwa perusahaan dituntut untuk membuat organisasinya menjadi lebih cepat lebih ramping dan lebih responsif terhadap pasar.untuk itu keberhasilan bisnis perusahaan ditentukan dari sejauhmana perusahaan mampu menangkap dan menghantarkan dengan cepat dan tepat apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. Keberadaan teknologi yang digunakan lebih diorientasikan bagaimana teknologi yang mengerti pelanggan,sehingga focus perusahaan bukan pada teknologi apa yang harus digunakan melainkan fokus pada pengalaman pengguna. Pertumbuhan bisnis harus dioerintasikan untuk meningkatkan profitabilitas usaha sehingga aktivitas perusahaan dikemudikan oleh aktivitas-aktivitas yang langsung berhubungan dengan peningkatan margin per

Daya Saing Perguruan Tinggi ditentukan oleh kemampuan menghatarkan jasa dengan tepat kepada konsumen

Dalam PP No. 60 Tahun 1999 disebutkan bahwa perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan yang lebih tinggi dari pendidikan menengah didirikan untuk : 1. menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau kesenian. 2. mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Menurut Gaspersz (2000:2), sebagai industri jasa, perguruan tinggi juga seyogianya memahami perkembangan sistem industri modern atau manajemen industri modern, sehingga mampu mendesain, menerapkan, mengendalikan dan meningkatkan kinerja sistem pendidikan tinggi yang memenuhi kebutuhan industri.Sebagai Industri Jasa perguruan tinggi juga harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen dengan tanggap terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen.Untu

Kembangkan Myelin Melalui Orientasi Wirausaha

Rahasia sukses para pebisnis adalah kerja keras dan selalu melihat kebaikan dalam segala hal sehingga mampu merubah hambatan dan tantangan menjadi sebuah peluang,ini menjadi faktor utama keunggulan bisnisnya. Hal ini juga telah dijelaskan dalam alquran” Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.(al-Baqarah: 216).Ketekunan dan kerja keras yang mereka lakukan menciptakan keunggulan kompetitif intangibles Aset yang kuat dan sulit ditiru oleh lainnya. Reynald Kasali dalam bukunya Myelin menyatakan bahwa Myelin atau muscle memory, yang membuka mata kita bahwa manusia tidak cukup berinvestasi pada otaknya saja, tetapi juga ototnya (muscle) agar ia berorientasi pada tindakan, membentuk budaya disiplin, dan membangun intrapreneuring, tata nilai, serta kinerja. Seorang wirausaha harus memiliki Orientasi wirausaha yang menekankan pada semangat untuk men

JUPE Hipnopublisitas Pilkada Pacitan

Pengertian hipnotis menurut Wikipedia adalah "suatu kondisi pikiran di mana fungsi analitis logis pikiran direduksi sehingga memungkinkan individu masuk ke dalam kondisi bawah sadar (sub-conscious/unconcious).Sedangkan pengertian publisitas menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah penyiaran tentang sesuatu atau seseorang kepada masyarakat luas (melalui pelbagai media).Hipnopublisitas bisa diartikan sebagai suatu upaya membawa individu kedalam kondisi bawah sadar merekam informasi yang disampaikan melalu media kepada masyarakat luas.Sehingga menjadi opini yang berkembang dan dapat dimanfaatkan untuk mensukseskan suatu kegiatan yang membutuhkan dukungan dari masyarakat secara luas.(seperti pemilu) Jupe adalah sebuah hipnopublisitas dari pilkada pacitan,yang notabene kota kecil dan terpencil dengan menggunakan hipnopublisitas maka pacitan dapat dikenal oleh masyarakat luas karena adanya pemberitaan yang heboh,dan menimbulkan kontroversi dikalangan masyarakat yang memancing semua m

Edukasi Pasar salah satu Strategi Bersaing Bank Mandiri di Era hypercompetition

Perusahaan yang sukses dalam era hypercompetition adalah yang mampu mengedukasi pasarnya dan membangun loyalitas konsumen. Edukasi pasar dilakukan dengan memberikan Pembelajaran pelanggan sehingga dapat membentuk pemahaman, persepsi, logika, dan preferensi terhadap produk dan merk. Dalam situasi persaingan yang tajam, strategi keunggulan merk dapat dikembangkan melalui pembelajaran pelangan. Strategi keunggulan merk akan menciptakan keunggulan berdaya saing berkelanjutan bagi perusahaan.Fenomena ini sangat nyata ketika konsumen diperkenalkan kepada produk yang sama sekali baru pada industry dimana perusahaan berada Konsumen sama sekali tidak memiliki pengetahuan mengenai produk, konsep nilai tentang produk tersebut, dan pengalaman untuk mampu memilih diantara tawaran yang tersedia. Produk atau merk yang sukses biasanya adalah milik para pionir. Pekerjaan utama pionir adalah (Carpenter, dalam Sudirman,2003): a. Mengajari konsumen mengenai aspek-aspek penting dari produk tersebut (membe

Strategi membangun Daya Saing di era Hyper Competition

Pada Era Hypercompetition(Persaingan tingkat tinggi dan mengglobal) dimana semua perusahaan menawarkan sesuatu yang baru dan terstandarisasi karena adanya perkembangan teknologi dan ini menyebabkan keunggulan kompetitif sulit untuk bisa dipertahankan karena begitu mudahnya pesaing meniru.Pada kondisi ini setiap perusahaan dituntut untuk senantiasa bersaing dalam harga,kualitas,dan inovasi pada setiap aktivitas-aktivitasnya Keunggulan bersaing diperoleh ketika perusahaan mampu menjadikan banyak aktivitas berlainan yang dilakukan oleh perusahaan digabungkan dalam suatu rantai yang dapat memberikan konstribusi nilai yang memberikan margin maksimal bagi perusahaan ( melaksanakan aktivitas-aktivitas yang penting secara strategis dengan lebih murah atau lebih baik dibanding pesaing). Untuk mempertahankan keunggulan bersaing, kompetensi inti haruslah menambah nilai, sulit digantikan, sulit bagi pesaing untuk meniru, dan dapat dipindahkan sepanjang perusahaan (Barney, 1991; Grant, 1991) .Untu