
Persaingan dunia usaha khususnya sector umkm semakin tajam dengan tingginya pertumbuhan usaha di sector UMKM pada dua tahun terakhir ini 2011-2012.Menurut Gubenur Jatim(dalam pembukaan Kadin Insitute Jatim) kontribusi UKM ke kinerja ekonomi Jatim cukup besar. Dengan jumlah unit usaha yang mencapai 4,2 juta, UKM mampu berkontribusi sebesar 52%.
UMKM selama ini dikenal sebagai sector usaha yang paling fleksibel baik dalam proses,maupun pengelolaan usaha.Sehingga umkm cenderung memiliki kekuatan pada low cost dan differensiasi pelayanan yang bersifat personal.Untuk itu untuk menjaga eksistensi umkm perlu dilakukan penghematan biaya dikaitkan dengan mentransfer kemampuan dan kompetensi yang dikembangkan dalam satu bisnis ke bisnis baru.Agar dapat melakukan hal tersebut umkm harus mampu menjual produknya di atas tingkat kompetitif yang ada atau mengurangi biaya aktifitas utama dan aktifitas pendukung di bawah tingkat yang kompetitif, atau keduanya.Berikut ada beberapa langkah strategi dengan menggunakan Balancescorecard untuk meningktkan eksistensi dan daya saing umkm.
Learning and Growth Perspective
UMKM harus bisa membidik orang-orang (target pasar) dengan mendiskripsikan secara jelas dan mengukur secara tepat apa yang dibutuhkan oleh target segmennya dan dipenuhi secara utuh dan bersifat personal.Penelitian pasar memperoleh kesimpulan untuk menciptakan sebuah produk yang diminati dan dekat dengan konsumen maka harus bisa memenuhi hal tersebut diatas.
Internal Perspective
Memproduksi produk dalam berbagai bentuk sehingga dapat memenuhi target pasar laki-laki dan wanita.Dengan sedikit menambahkan asesoris berupa guarante agar lebih terlihat meyakinkan bahwa produk berkualitas.
Customer Perspective
Memperkenalkan produk dengan memberikan test pasar dan testimoni.yang dapat membuat produk tersebut menjadi trend.
Menciptakan opini bahwa produk ini benar-benar bermanfaat.
Financial Perspective
Membuat Harga Pokok Produksi(HPP) produk menjadi rendah dengan mengejar target unit HPP melalui konsep beli dua dapat satu atau pemberian diskon pada pembelian dengan jumlah tertentu.
Komentar
Posting Komentar