Perusahaan dapat menentukan sifat keunggulan kompetitif potensialnya yang dapat menciptakan kinerja unggul dengan mempelajari aktivitas yang dapat memberikan nilai bagi pelanggan dan ‘cost driver’ yang dapat menciptakan keunggulan biaya potensial(lebih murah dimata konsumen), Dengan melakukan hal berikut ini:
1. Mengidentifikasi keunggulan kompetitif (cost leadership atau differensiasi).
Analisis aktivitas ini dapat membantu manajemen untuk memahami secara lebih baik tentang keunggulan-keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan dalam rantai nila aktivitasnya secara keseluruhan dibandingkan dengan pesaing terdekatnya.
2. Mengidentifikasi peluang akan nilai tambah.
Analisis aktivitas nilai dapat membantu mengidentifiksi aktivitas dimana perusahaan dapat menambah nilai secaara signifikan untuk pelanggan.
3. Mengidentifikasi peluang untuk mengurangi biaya.
Studi terhadap aktivitas nilai dan cost driver dapat membantu perusahaan menentukan pada bagian mana dari value chain yang tidak kompetitif bagi perusahaan
Komentar
Posting Komentar