Kegagalan sebuah Tim dalam suatu pertandingan,lebih banyak disebabkan karena tidak adanya evaluasi atau control terhadap strategi yang diterapkan. Kontrol strategi adalah suatu proses merubah rencana bisnis yang diakibatkan adanya perubahan kondisi/situasi, adanya tambahan pengetahuan atau membuat penyesuaian untuk mengarahkan aktivitas-aktivitas agar sesuai dengan rencana. Dimana kegiatannya sbb:
• Menentukan target prestasi kerja,standar-standar dan batas batas toleransi untuk tujuan,strategi dan pelaksanaannya.
• Mengukur kondisi riel terhadap target yang telah ditentukan
• Menganalisis penyimpangan-penyimpangan terhadap batas-batas toleransi.
• Melakukan modifikasi-modifikasi yang diperlukan.
Proses evaluasi dan kontrol strategik akan melalui beberapa tahap/langkah sebagai berikut:
a) Menentukan suatu standar untuk mengukur kinerja perusahaan dan membuat batas toleransi yang dapat diterima untuk tujuan, sasaran dan strategi.
Peter Drucker mengusulkan lima kriteria untuk penentuan standar pengukuran kinerja tersebut, yaitu:
• Posisi pasar . Penilaian yang nyata terhadap keberhasilan perusahaan adalah mengukur posisi pangsa pasarnya dibandingkan dengan para pesaing. Apakah pangsa pasar telah meningkat atau cenderung menurun ?
• Kinerja inovasi (Divisi Riset dan Pengembangan).Bagaimana urutan pengeluaran riset dan pengembangan (sebagai persentase penjualan) dalam indusri ?
• Produktivitas. Kinerja ini berhubungan dengan “nilai tambah” output. Penjualan per karyawan merupakan salah satu ukuran produktivitas.
• Likuiditas dan aliran kas (cas flow). Kriteria aliran kas biasanya lebih baikdaripada masalah keuntungan.
• Keuntungan/kemampulabaan.
• Kriteria ini akan mengukur apakah marjin keuntungan meningkat atau menurun.
• Menghitung dan mengukur hasil kinerja yang telah dicapai.
• Membandingkan antara standar dengan hasil yang dicapai dan jika melampaui batas toleransi, harus dianalisa penyebab-penyebabnya.
• Mengambil tindakan perbaikan jika diperlukan.
b) Dalam mengevaluasi kinerja terhadap Rencana bisnis, seseorang harus selalu menanyakan “apakah tujuan dan sasaran perusahaan? Dan bagaimana kinerja perusahaan dalam mendukung pencapaian tujuan/sasaran tersebut?. Jawaban dari pertanyaan ini akan menghasilkan suatu daftar dari tujuan (dirinci pada tujuan dari pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan), sasaran dan hasil kinerja perusahaan. Kemudian pimpinan harus memberikan suatu nilai (0-10) yang menggambarkan tingkatan mengenai pencapaiannya
c) Aspek-aspek yang harus diperhatikan dan harus ada dalam melakukan Pengendalian Strategi:
1. Harus didasarkan pada prestasi dan historis diwaktu lalu.
2. Real Time Control khususnya aspek teknis
3. Manajemen Prestasi (Efektivitas organisasi)
4. Pengendalian adaptif (Menetukan cara yg paling cepat dan efektif,terhadap perubahan)
5. Pengendalian strategik (antisipasi terhadap penyimpangan)
Komentar
Posting Komentar