Langsung ke konten utama

Curiculum Vitae


Saya Adalah seorang pemerhati dan pengamat UMKM dan dosen di Fakultas EkonomiUniversitas Narotama dimana sekelumit riwayat saya sebagai berikut:
Pendidikan :
1. Graduated “Universitas Muhammadiyah” of
Economy Management in 1995 with Thesis”Starategi Marketing Mix Small Business Printing sector.(IPK.3,30)
2. Graduated Magisterial Management Education ,UNNAR in 2002 with Thesis “Effect of Cultural Leadership, Employee Culture and Cultural Organization on employee creativity.”(3,60)
3. Graduate Doctoral,UNTAG Surabaya in 2009 with Dissertation “ANALYSIS OF MARKETING STRATEGY FOR CREATING A SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE AND IMPROVING THE PERFORMANCE OF SMALL BUSINESS MARKETING SECTOR MUNICIPALITY OF TRADE IN SURABAYA” (IPK.3,94)

OTHER TRAINING

- 1991 :Leadership Training, “Pemuda Muhammadiyah” Surabaya
- 1992 : ResearchMethodology Training, Management Study and Development Center, Economy Faculty,“Universitas Muhammadiyah” Surabaya.Journalistic Training, SurabayaPost.Training “Pembinaan Pengusaha Kecil”, “PPSM UMS”.
- 1993 : Training“Keluarga Sakinah” ,”Pemuda Muhammadiyah”Surabaya
- 1994 : Training“Penyuluhan dan Pembinaan Keluarga Sejahtera” ,“BKKBN”Surabaya.
Manufacturing Supervisory Management Training,Management ProductionMarketing Management, Strategic Management.
SkillDevelopment Project “Lembaga Manajemen Jawa Timur”.
- 1995 : Training“Manajemen Penelitian Sosial dan Ekonomi”, “Lembaga- Manajemen JawaTimur”.
- 1997 : Training “Penanganan Penganguran korban PHK”, “LembagaManajemen- Jawa Timur”
- 1999 : Training “Manajemen Strategi”, “LembagaManajemen Jawa Timur”.
- 2000 : Management Community Development andCommunity OrganizerTraining, “Lembaga Manajemen Jawa Timur”.
Training“Strategi Komunikasi dan Konsultasi Bagi Fungsionaris ORMAS, LSM DAN APARAT BINUM & BIN MASY SOSPOL SE JATIM.PEMPROP JATIM”.
- 2001 : “PenataranPendidikan dan Statistik.Kopertis Wil VII Jawa Timur”.
“Penataran UnitKonsultasi Otonomi Daerah.JP3OTDA”.
“Penataran Applied Approach.KopertisWil.VII Jawa Timur”.
“Penataran Pemasyarakatan Gender Mainstreaming Prop.JawaTimur”.
Work Shop Training For The Trainers ( TOT ).Swiss Contact
- 2002 :Training Corporate Culture, HRD Indonesia.Work Shop Improvement ManagementSkill, Swiss Contact.Training
“Strategi Pemberdayaan Potensi Daerah”,UNNAR.
Training Improvement Public Relationship in GlobalizationandInformation, Power PR and Jawa Pos.
Work Shop “Kiat menulis buku danInformasi Ilmiah”, ITB.
Work Shop “Metode Pengajaran Kuliah EkonomiKoperasi”. Univ.Airlangga.
Work Shop Balanced Schorecard for HigherEducation Institution.
- 2003 : Market Research Training and Marketing Plan,Swiss Contact Jawa Timur.
- 2004 : Training Auditor ISO 9001-2000 TUVJerman
- 2007 : Workshop Kiat Sukses Memulai Usaha Baru
- 2008 : Workshop Penulisan Buku Teks
- 2009 : Workshop membangun wirausaha mahasiswa
- 2010 : Workshop Sistim Informasi dan Komunikasi
- 2010 : Workshop TOT Kewirausahaan Mandiri
- 2010 : Pelatihan dan Inkubator Executive Coach Training Mandiri

MEMBERSHIP IN PROFESSIONAL SOCIETIES
- 1989 :Head Master of “FOSIS” (Forum Studi Islam dan Sains) Surabaya
Dimana kegiatannya meliputi :
- Pembinaan Kualitas Kerohanian Islam- Pembinaandan Penyuluhan Kesehatan
- Pembinaan dan Penyuluhan Pendidikan KetrampilanRemajaIslam
- Pembinaan dan Penyuluhan Perilaku Remaja

- 1990 : HeadMaster of “Kesenian Nur Insani” SurabayaDimana kegiatannya meliputi :
-Pendidikan seni Retorika
- Pendidikan Seni Drama
- Pendidikan Seni Taridan Gerak
- Pendidikan Musik dan Olah Vokal

- 1991 : Chief of DistrictArea Surabaya “Muhammadiyah” MajelisKebudayaan

- 1992 : Chief ofDistrict Area JawaTimur “Ikatan MahasiswaMuhammadiyah” Bidang DakwahKemahasiswaan (PenyuluhanKepada Masyarakat)

- 1993 : “Sumenep” SocietyEconomical Research Staf .

- 1993-1994 : Chief of Faculty Management Studyand Development CenterMuhammadiyah University dengan Kegiatan :
-Penelitian sosial Ekonomi Masyarakat Surabaya
- Studi Eksplorasi dan studiPustaka Manajemen
- Pelatihan-pelatihan manajemen
- Penelitian kasus-kasusManajemen Usaha khususnya diSurabaya

- 1995 s/d 1998 : General Secretaryof “Lembaga Pengabdian Masyarakat UniversitasMuhammadiyah Surabaya” dengan kegiatan :
- Studi Eksplorasi Sosial Kultural dan Sosial Ekonomi
-Pelatihan dan Penyuluhan Masyarakat
- Simposium dan Seminar tentang masalah-masalah sosial
- Studi banding dan Subsidi Silang PotensiMasyarakat

- 1997 s/d 2001 : Research and Development “Lembaga Manajemen JawaTimur”dengan kegiatan Penelitian Sosial Ekonomi Masyarakat JawaTimurdan Koordinator Pelaksana Pembentukan Lembaga EkonomiProduktif diJawa Timur.

- 2000- : Ketua Formatur Forum Komunikasi ORMAS, LSM DANAPARAT BINUM & BIN MASY SOSPOL SE JATIM.PEMPROP JATIM”.

-2001–2002: Secretary of “Lembaga Penelitian Universitas.Narotama”(NarotamaUniversity Research Institution)Wakil Ketua Peneliti MasalahPerijinan Pertambangan di JawaTimur.-

2002 now : Secretary of “ForumBDS Providers Swiss Contact” Jawa Timur.

- 2002 - 2003 : Chief of “LembagaPenelitian Universitas.Narotama” (Narotama University Research Institution)

-2004 – 2008 : Sekjen Bapilu DPW PAN JATIM

- 2009 – now : Pembina TakmirMasjid Universitas Narotama

- 2009 – now : Pendiri dan Pembina YouthMotivation
- 2009 – now : Dewan Pengurus KADIN Propinsi Jawa Timur

EMPLOYMENT RECORD :

1995 to 1996 year : Operacional Manager Plastic Fabricand Plastic Printing “DB.SABLON”
1996 to 1997 year : Marketing Manager “DDPROMO” Advertising
1997 year : Instruktur Pembinaan dan Penyuluhan KeluargaSejahtera BKKBN Surabaya.
1998 year : Manajer Humas dan LitbangPT.GJA.
1998 year : Instruktur dan Pelaksana Pelatihan P3T . LMJT.
1998-2001 year : lecturer of Intro to Management, Strategic Management, andMarketing Management. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
1997 s/d 2001 :Research and Development Lembaga Management Jawa Timur with activity of SocialResearc “Ekonomi Masyarakat Jawa Timar” Productive Economic Institute Formingand Creating Coordinator in East Java.
1998 - 2004 : Builder InstructorTraining “TKPMP dan Pendamping Wirausaha DEPNAKER JATIM”
2000-2001 : Head ofExecutor of Project of Woman Enableness ( Cipta Karya Jatim - LMJT) diPacitan
2001 - now : Lecture of Faculty of economics Remain To and PostGraduate of University Narotama. Builder of Eye kuliah, talent Development,Ekonomi of Co-Operation and UKM,Management Strategy.
2002 year : MarketingManager of University Narotama
2002 year :Tenaga Ahli Pemberdayaan MasyarakatProyek StudiPemberdayaan Masyarakat Sekitar Waduk Gondang Lamongan
2003-now : Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Narotama
2003 - now : Ketua 2LCFakultas Ekonomi Universitas Narotama
2003 - now : Ketua Klinik Konsultasi Bisnis Universitas Narotama
2005 – 2007 : HRD Corporate INDRACO Group
2007– 2008 : Direktur Utama PT. DPA
2008 – now : Advisor Purnama Group
2009–now : Pengasuh Acara Penyejuk Hati Surabaya TV.
2010 – now : Koordinator Pengembangan Kewirausahaan UNNAR
2010 – 2012 : Ketua Pelaksana PHKI-A Batch 3 UNNAR

Mata Kuliah yangdiampuh
1. Manajemen Strategi 3 SKS
2. Bisnis Plan 3 SKS
3. EkonomiKoperasi dan UKM 3 SKS
4. Kewirausahaan 3 SKS

Penelitian dan Publikasi
No Judul Penelitian Biaya Publikasi
1. Strategi Meningkatkan Peran serta Wanita Dalam Kegiatan Pembangunan (case study di Kelurahan PucangSewu, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan).
Mandiri Jurnal Pro Patria Vol. 1 , No. 1 Agustus 2001
2. Masalah Perijinan Pertambangan Propinsi Jawa Timur Balitbangda Perpus UNNAR
2001
3. Pengaruh budaya pimpinan, budaya individu, dan budaya organisasi terhadap kreativitas kerja karyawan Mandiri Jurnal Ekonomi, Vol. 2, No. 2, Agustus 2002
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi beras di Indonesia Mandiri Jurnal Ekonomi Vol.2.No.1. Februari 2002
5. Strategi Marketing Plan Klinik Konsultasi Bisnis Swiscontact Swiscontact
2003
6. Pengaruh Jumlah Pelatihan dan Lama Masa erja Terhadap Penerapan Smart Reward Program Karyawan Frontliner
Mandiri Jurnal Ekonomi Vol 3,No1 Februari 2003
7. Peranan Volume Penjualan sebagai tolak ukur dalam penentuan laba Mandiri Jurnal Ekonomi Vol.3.No.2. Agustus 2003
8. Analisis Pengaruh Iklan Melalui Media Televisi Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Mandiri Jurnal Ekonomi Vol. 4, No. 1, Februari 2004

9. Strategi Pengembangan Jasa Usaha Konsultasi Bisnis Usaha Kecil Menengah Mandiri Jurnal Ekonomi Vol.5.No.2. Agustus 2005




11 Analisis Faktor – Faktor yang Dipertimbangkan sebagai Dasar Penentuan Harga Tanah Lokasi Perumahan di Kecamatan Sidoarjo.
Mandiri Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 3, No. 2 Juli 2004

12. Pengaruh Faktor-Faktor Motivasi Yang Meliputi Lingkungan Kerja,Fasilitas Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Mandiri Jurnal Ekonomi, Vol. 6, No. 2, Agustus 2006
13 Penyusunan Strategi Diferensial Telepon Seluler GSM”XL” Berdasarkan Persepsi Konsumen..
Mandiri Jurnal Ekonomi, Vol. 6, No. 2, Agustus 2006
14


15 Strategi pemberdayaan usaha kecil wanita untuk meningkatkan daya saing dan pendapatan. DIKTI
Kajian Wanita Jurnal Ekonomi Vol. 9, No. 2, Agustus 2009

16 Peranan Blog/ web untuk meningkatkan pemasaran usaha kecil hasil budidaya laut DIKTI
PDM Jurnal Ekonomi Vol. 9, No. 2, Agustus 2009

17 Analisa pemetaan minat wirausaha mahasiswa fakultas ekonomi UNNAR Mandiri Laporan penelitian Oktober 2010

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Usaha

Perencanaan usaha merupakan suatu alat untuk memastikan bahwa sebuah usaha dijalankan dengan benar dan tepat, yang mencakup pemilihan kegiatan yang akan dijalankan, bagaimana menjalankan dan kapan dimulai dan selesainya pekerjaan itu, untuk membantu tercapainya tujuan usaha. Perencanaan usaha merupakan langkah awal yang menunjukkan bahwa seseorang serius untuk berwirausaha,dan untuk menghindari faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan,serta mengantisipasi setiap tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan usaha Seorang wirausaha menurut Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer (1993) (dalam Suryana,2003) mengemukakan definisi wirausaha sebagai berikut : “ An entrepreuneur is one who creates a new business in the face of risk and uncertainty for the perpose of achieving profit and growth by identifying opportunities and asembling the necessary resourses to capitalize on those opportunuties”. Wirausaha adalah orang yang menciptakan bisnis baru dalam

Evaluasi Strategi,Kunci Kemenangan Tim

Kegagalan sebuah Tim dalam suatu pertandingan,lebih banyak disebabkan karena tidak adanya evaluasi atau control terhadap strategi yang diterapkan. Kontrol strategi adalah suatu proses merubah rencana bisnis yang diakibatkan adanya perubahan kondisi/situasi, adanya tambahan pengetahuan atau membuat penyesuaian untuk mengarahkan aktivitas-aktivitas agar sesuai dengan rencana. Dimana kegiatannya sbb: • Menentukan target prestasi kerja,standar-standar dan batas batas toleransi untuk tujuan,strategi dan pelaksanaannya. • Mengukur kondisi riel terhadap target yang telah ditentukan • Menganalisis penyimpangan-penyimpangan terhadap batas-batas toleransi. • Melakukan modifikasi-modifikasi yang diperlukan. Proses evaluasi dan kontrol strategik akan melalui beberapa tahap/langkah sebagai berikut: a) Menentukan suatu standar untuk mengukur kinerja perusahaan dan membuat batas toleransi yang dapat diterima untuk tujuan, sasaran dan strategi. Peter Drucker mengusulkan lima kriteria untuk penentua

Strategi membangun Daya Saing di era Hyper Competition

Pada Era Hypercompetition(Persaingan tingkat tinggi dan mengglobal) dimana semua perusahaan menawarkan sesuatu yang baru dan terstandarisasi karena adanya perkembangan teknologi dan ini menyebabkan keunggulan kompetitif sulit untuk bisa dipertahankan karena begitu mudahnya pesaing meniru.Pada kondisi ini setiap perusahaan dituntut untuk senantiasa bersaing dalam harga,kualitas,dan inovasi pada setiap aktivitas-aktivitasnya Keunggulan bersaing diperoleh ketika perusahaan mampu menjadikan banyak aktivitas berlainan yang dilakukan oleh perusahaan digabungkan dalam suatu rantai yang dapat memberikan konstribusi nilai yang memberikan margin maksimal bagi perusahaan ( melaksanakan aktivitas-aktivitas yang penting secara strategis dengan lebih murah atau lebih baik dibanding pesaing). Untuk mempertahankan keunggulan bersaing, kompetensi inti haruslah menambah nilai, sulit digantikan, sulit bagi pesaing untuk meniru, dan dapat dipindahkan sepanjang perusahaan (Barney, 1991; Grant, 1991) .Untu