langkah-langkah strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan dan kinerja pemasaran usaha kecil sektor perdagangan (toko peracangan) sebagai berikut:
1.Produk yang ditawarkan adalah produk kebutuhan sehari-hari.Dimana sumber untuk mendapatkan produk yang menguntungkan adalah ketika para hypermarket melakukan banting harga khususnya pada saat cuci gudang atau bulan promosi. Besarnya jumlah produk yang ditawarkan disesuaikan dengan jumlah tingkat permintaan konsumen pada produk tersebut dengan acuan tingkat perputaran penjualan total produk perhari berkisar 1.000.000,-.Untuk merk produk yang dijual,harus sudah dikenal oleh konsumen,kecuali merk baru yang harganya jauh lebih murah dibanding dengan pesaing.Pemilihan produk yang ditawarkan hendaknya melihat kebutuhan dan tingkat permintaan dari pelanggan yang ada di wilayah sekitar toko
2.Strategi harga jual usaha kecil sektor perdagangan di Surabaya adalah sebagai berikut(1) Untuk wilayah Surabaya utara,Surabaya timur dan Surabaya barat strategi harga jual survival.Mengingat usaha kecil sektor perdagangan di wilayah ini berada dalam kondisi menghadapi persaingan yang sangat gencar , pergeseran keinginan konsumen adanya kapasitas menganggur, maka yang utama dilakukan oleh usaha kecil adalah bagaimana untuk bertahan hidup. Agar tetap eksis dalam dunia bisnisnya maka usaha kecil sektor perdagangan diwilayah ini disarankan menetapkan harga jual yang rendah. Dengan kebijakan harga jual yang rendah diharapkan pembeli akan sangat peka terhadap harga, biaya per unit akan semakin kecil seiring dengan semakin meningkatnya penjualan dan akan mendesak pesaing.(2) Untuk wilayah Surabaya timur dan Surabaya selatanPada wilayah ini yang terpenting adalah tingkat perputaran omzet untuk menghadapi mini market yang kedepan akan semakin banyak, karena wilayah ini menjadi tujuan untuk ekspansi pengembangan hypermarket,dan mini market.Untuk itu usaha kecil sektor perdagangan harus proaktif dengan menciptakan keunggulan pada harga dan variasi produk, sehingga terlebih dahulu memperhatikan tawaran harga dari pesaing. Sebab bila harga yang ditetapkan dibawah harga pesaing kemungkinan besar akan memicu perang harga. Sebaliknya jika terlalu tinggi akan menyebabkan menurunya daya saing perusahaan.Besarnya permintaan, dan pesaing,menjadi acuan untuk melakukan modifikasi harga.
3.Saluran yang ideal yang mungkin bisa dikembangkan oleh usaha kecil sektor perdagangan adalah melalui PKK dan Dasa Wisma.promosi yang memungkinkan untuk dilakukan oleh usaha kecil sektor perdagangan yaitu personal selling dan promosi penjualan(Arasy,2009)
1.Produk yang ditawarkan adalah produk kebutuhan sehari-hari.Dimana sumber untuk mendapatkan produk yang menguntungkan adalah ketika para hypermarket melakukan banting harga khususnya pada saat cuci gudang atau bulan promosi. Besarnya jumlah produk yang ditawarkan disesuaikan dengan jumlah tingkat permintaan konsumen pada produk tersebut dengan acuan tingkat perputaran penjualan total produk perhari berkisar 1.000.000,-.Untuk merk produk yang dijual,harus sudah dikenal oleh konsumen,kecuali merk baru yang harganya jauh lebih murah dibanding dengan pesaing.Pemilihan produk yang ditawarkan hendaknya melihat kebutuhan dan tingkat permintaan dari pelanggan yang ada di wilayah sekitar toko
2.Strategi harga jual usaha kecil sektor perdagangan di Surabaya adalah sebagai berikut(1) Untuk wilayah Surabaya utara,Surabaya timur dan Surabaya barat strategi harga jual survival.Mengingat usaha kecil sektor perdagangan di wilayah ini berada dalam kondisi menghadapi persaingan yang sangat gencar , pergeseran keinginan konsumen adanya kapasitas menganggur, maka yang utama dilakukan oleh usaha kecil adalah bagaimana untuk bertahan hidup. Agar tetap eksis dalam dunia bisnisnya maka usaha kecil sektor perdagangan diwilayah ini disarankan menetapkan harga jual yang rendah. Dengan kebijakan harga jual yang rendah diharapkan pembeli akan sangat peka terhadap harga, biaya per unit akan semakin kecil seiring dengan semakin meningkatnya penjualan dan akan mendesak pesaing.(2) Untuk wilayah Surabaya timur dan Surabaya selatanPada wilayah ini yang terpenting adalah tingkat perputaran omzet untuk menghadapi mini market yang kedepan akan semakin banyak, karena wilayah ini menjadi tujuan untuk ekspansi pengembangan hypermarket,dan mini market.Untuk itu usaha kecil sektor perdagangan harus proaktif dengan menciptakan keunggulan pada harga dan variasi produk, sehingga terlebih dahulu memperhatikan tawaran harga dari pesaing. Sebab bila harga yang ditetapkan dibawah harga pesaing kemungkinan besar akan memicu perang harga. Sebaliknya jika terlalu tinggi akan menyebabkan menurunya daya saing perusahaan.Besarnya permintaan, dan pesaing,menjadi acuan untuk melakukan modifikasi harga.
3.Saluran yang ideal yang mungkin bisa dikembangkan oleh usaha kecil sektor perdagangan adalah melalui PKK dan Dasa Wisma.promosi yang memungkinkan untuk dilakukan oleh usaha kecil sektor perdagangan yaitu personal selling dan promosi penjualan(Arasy,2009)
Komentar
Posting Komentar