Ibu Rumah Tangga adalah Kunci Decision Maker dalam keluarga untuk hampir semua produk kebutuhan sehari-hari dirumah!
Pilihan mereka atas produk dan jasa adalah hasil dari pengamatan, pengolahan data, studi banding, benchmarking, dan analisa kualitas dan service atas barang atau jasa yang hendak atau telah dibeli Ibu Rumah Tangga selalu mengetahui yang terbaik bagi keluarga mereka, untuk memperoleh loyalitas mereka, kenali perilaku konsumen mereka secara lebih rinci. Ibu Rumah Tangga Menjadi penentu pengambil keputusan dalam memilih produk,Menjadi penentu pengambil keputusan untuk loyal dalam satu produk atau service,Menjadi media pengiklan terbaik yang pernah ada! Kepuasan mereka dapat menurun pada anak-anak, keluarga bahkan tetangga mereka,Bahkan Ibu Rumah Tangga Adalah valuable customer terbesar dalam market!
Menurut Al Ries dan Jack Trout yang dikutip oleh Kotler (2000:341) menyatakan bahwa Positioning adalah :“Penentuan posisi di mulai dari produk. Suatu barang, jasa, perusahaan, lembaga atau bahkan orang…Tetapi penentuan bukanlah sesuatu yang dilakukan terhadap produk. Penentuan posisi adalah apa yang dilakukan terhadap pikiran pelanggan. Jadi, pemasar memposisikan produk itu di dalam pikiran calon pelanggan”
Beberapa faktor yang dapat dikembangkan untuk menciptakan positioning yang relevan antara lain :
Images seperti warna, gambar, dimensi dan ukuran memiliki daya pengakar yang kuat dalam otak manusia berkaitan dengan indera penglihatan.Dimana kita dapat menggunakan pilihan warna sesuai dengan kondisi demografis dan psikologis dari Ibu Rumah Tangga
Musik dan Nada memiliki sensitivitas dalam merangsang otak mengolah kerja memori atas suatu obyek.Gunakan musik sesuai dengan minat dan kondisi demografis dimana Ibu rumah tangga berada.
Rasa atau taste meski tak sekuat yang lain, juga mampu mengirim data yang akurat pada sistem memori otak manusia
Pengalaman, behavioral experience dapat memacu otak melangkah maju dalam pencarian memori atas sesuatu obyek.Untuk itu pemberian taster akan dapat membantu memposisikan produk anda di otak dan memudahkan Ibu rumah tangga untuk mengingat.
Pengamatan atau obesrvasi biasanya memiliki tingkat penanaman yang lebih dalam ketimbang faktor yang lain, karena disini terletak semua unsur kinerja analisa atas informasi yang didapat secara menyeluruh dari keseluruhan indera,Untuk itu rangsang ibu-ibu rumah tangga untuk melakukan pengamatan dan observasi pada produk anda.
Pengalaman atau hands-on experience umumnya, mampu membawa seorang individu dalam jenjang memori yang lebih dalam dan kuat. Hal ini akan tertanam dalam jangka waktu yang cukup lama.Dimana pengalaman ini dapat juga dilakukan dengan memberikan testimoni dari publik figur.
Komentar
Posting Komentar