Pelayanan menjadi dalah satu faktor kunci keberhasilan bisnis untuk itu membangun pelayanan sesuatu yang mutlak harus dilakukan agar bisnis kita menjadi survive.Nilai pelayanan ini apabila dilakukan secara cerdas akan menyebabkan murah secara biaya namun menghasilkan nilai yang berdampak pada harga dan memberi keuntungan yang maksimal.Ada beberapa faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam membangun nilai pelayanan,meliputi :
1. Nilai – nilai individu, dan psikografis dalam ilmu – ilmu sosial dianggap sebagai the softer side of science ( Kahle dan Chiagouris, 1997). Mereka berpendapat bahwa nilai – nilai individu mempunyai hubungan langsung terhadap perilaku konsumen. Kasali (1998) mengartikan nilai individu sebagai sesuatu yang dipercaya seseorang yang dalam beberapa hal lebih disukai dari hal – hal yang berlawanan (preferable to its opposite).
2. Faktor harga,kesesuaian antara harga dengan manfaat yang diterima oleh pelanggan.Dimana factor keunikan menjadi kunci utama,semakin unik layanan kita kepada pelanggan semakin berkurang kepekaan harga konsumen demikian pula sebaliknya semakin tidak unik atau sama dengan produk lainnya,maka semakin peka konsumen terhadap harga.Beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat penetapan harga agar dapat sesuai dengan layanan yang diberikan :
a. Kemampuan pelanggan
b. Kemauan pelanggan
c. Gaya hidup pelanggan
d. Manfaat kepada pelanggan
e. Harga barang substitusi
f. Potensi pasar
g. Sifat persaingan non harga
h. Perilaku konsumen
i. Segmen-segmen dalam pasar
Beberapa hal yang bias dilakukan untuk meningkatkan nilai pelayanan:
1. Menambah nilai manfaat bagi pemakai hal ini bias dilakukan dengan memberika penjelasan pada konsumen akan manfaat tambahan yang diperoleh konsumen
2. Menambah daya tarik pelayanan dengan memberikan surprise terhadap sesuatu yang bersifat pribadi
3. Menciptakan layanan prestis
4. Menambah cakupan layanan yang diberikan
5. Membangun komunikasi yang lebih intens dan lebih dekat dengan konsumen
6. Menambahkan pelayanan khusus atau penanganan masalah yang khusus.
7. Meningkatkan kualitas pelayanan
8. Menambahkan jaminan atau garansi kepuasan.
1. Nilai – nilai individu, dan psikografis dalam ilmu – ilmu sosial dianggap sebagai the softer side of science ( Kahle dan Chiagouris, 1997). Mereka berpendapat bahwa nilai – nilai individu mempunyai hubungan langsung terhadap perilaku konsumen. Kasali (1998) mengartikan nilai individu sebagai sesuatu yang dipercaya seseorang yang dalam beberapa hal lebih disukai dari hal – hal yang berlawanan (preferable to its opposite).
2. Faktor harga,kesesuaian antara harga dengan manfaat yang diterima oleh pelanggan.Dimana factor keunikan menjadi kunci utama,semakin unik layanan kita kepada pelanggan semakin berkurang kepekaan harga konsumen demikian pula sebaliknya semakin tidak unik atau sama dengan produk lainnya,maka semakin peka konsumen terhadap harga.Beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat penetapan harga agar dapat sesuai dengan layanan yang diberikan :
a. Kemampuan pelanggan
b. Kemauan pelanggan
c. Gaya hidup pelanggan
d. Manfaat kepada pelanggan
e. Harga barang substitusi
f. Potensi pasar
g. Sifat persaingan non harga
h. Perilaku konsumen
i. Segmen-segmen dalam pasar
Beberapa hal yang bias dilakukan untuk meningkatkan nilai pelayanan:
1. Menambah nilai manfaat bagi pemakai hal ini bias dilakukan dengan memberika penjelasan pada konsumen akan manfaat tambahan yang diperoleh konsumen
2. Menambah daya tarik pelayanan dengan memberikan surprise terhadap sesuatu yang bersifat pribadi
3. Menciptakan layanan prestis
4. Menambah cakupan layanan yang diberikan
5. Membangun komunikasi yang lebih intens dan lebih dekat dengan konsumen
6. Menambahkan pelayanan khusus atau penanganan masalah yang khusus.
7. Meningkatkan kualitas pelayanan
8. Menambahkan jaminan atau garansi kepuasan.
Komentar
Posting Komentar