Markus(makelar Kasus) adalah sebuah fenomena dimana rendahnya daya saing kompetitif dan kesombongan terhadap keunggulan komparatif (materiil).Kondisi ini apabila terus dibiarkan maka akan menjadi sebuah struktur behavior bangsa yang akan memberikan kerusakan yang sistemik dalam pembangunan Negara dan bangsa ini
Pada tahun 2002 Bank dunia sudah mensinyalir dalam laporanNya yang berjudul Building Institutions for Markets,yang menyampaikan bahwa Negara berkembang akan menjadi maju jika dibangun regulasinya ini dengan terlebih dahulu membangun struktur behavior masyarakatnya dan Mecanisme enforcmentnya dalam memlaksanakan kebijakan pembangunannya.
Untuk itu bangsa ini perlu membangun strutur behavior masyarakat dengan mengedukasi masyarakat untuk mengembangkan keunggulan kompetitifnya dengan melihat tantangan dan peluang dimasa depan dengan tetap memperhatikan kondisi kekuatan dan kelemahannya saat ini.Ada beberapa cara untuk membangun keunggulan kompetitif bangsa ini diantaranya adalah :
• Membangun Superiority in Price, Menciptakan Keunggulan bersaing dari sisi harga. Harga disini tidak selalu harus lebih murah, boleh lebih tinggi tetapi pelanggan harus merasakan nilai tambah yang lebih besar dibandingkan harganya.Untuk member nilai tambah yang lebih pada konsumen maka kita dapat memanfaatkan aspek Nasional Building dengan menghidupkan kembali slogan Aku Cinta Produk Indonesia dan Gotong Royong
• Membangun Superiority quality and disain, keunggulan bersaing karena kualitas dan disain yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing. 'Kualitas' hanyalah kesesuaian dengan persyaratan. Membiasakan diri untuk selalu mengevaluasi perilaku dengan membudayakan keterbuakaan terhadap kritik., sehingga menetapkan standar yang bersifat terukur dan terbuka dan kemudian mengharuskan kepatuhan kepada mereka. Kualitas akan datang dari usaha, bukan dari slogan-slogan, poster, atau bahkan ancaman
• Membangun Superiority in Customer responsiviness, keunggulan bersaing karena perusahaan mampu merespon need and wants customer.Indonesia adalah sebuah Negara dengan potensi market yang cukup besar sekitar 240 juta penduduk.Untuk itu jika kita focus kepada market dalam negeri dengan target mengurangi ketergantungan kita terhadap produk impor khususnya untuk barang modal dan produksi,maka akan membuat Indonesia lebih mudah membangun daya saing karena kita lebih dekat dengan konsumen dibandingkan Negara lain.
• Membangun Superiority in inovation, Keunggulan bersaing karena inovasi yang terus menerus dilakukan oleh perusahaan.Hal ini dilakukan dengan membangun rasa optimisme bangsa ini melalui media pendidikan dan elektronika.Dan membudayakan berpikir kreatif pada system pendidikan kita yang lebih berorientasi pada keunikan dibandingkan dengan sesuatu hanya bersifat penilaian umum dan rata-rata
Komentar
Posting Komentar