Prather and Gundry dalam Ceramy (2001: 1), mendefinisikan inovasi sebagai implementasi ide ide yang bersumber dari dukungan struktur dan budaya kreativitas organisasi.Inovasi adalah munculnya suatu gagasan, proses produk, layanan jasa yang atau sesuatu yang bersifat baru bagi konsumen (Garcia and Galantone, 2002; dan Zhou et al., 2005).Menurut Hoffman (2000) inovasi dapat dilakukan melalui berbagai cara yaitu: (1) perusahaan mampu membuat produk yang sama, dengan proses yang lebih efisien; (2) perusahaan mampu membuat produk berkualitas yang lebih diminati oleh konsumen;
(3) perusahaan mampu menggunakan faktor produksi yang lebih baik dan membuka pasar baru untuk produknya; (4) perusahaan mampu membuka sumber baru untuk bahan baku yang dapat memberikan nilai tambah pada faktor produksinya; dan (5) perusahaan mampu meningkatkan efektivitas organisasi yang ada sehingga lebih banyak sumber daya yang dapat dimanfaatkan .
Ke lima cara diatas harus dilakukan dengan memperhatikan kondisi pasar,untuk mencari dan menggali apa yang menjadi keinginan konsumen di saat ini dan akan tumbuh menjadi kebutuhan konsumen dimasa mendatang.Inovasi berbasis pasar berupaya menciptakan nilai dan menghasilkan sesuatu yang bersifat baru bagi konsumen, walaupun dalam situasi pasar yang darurat (Christensen and Bower, 1996; dan Zhou et al., 2005.).Untuk itu didalam membangun sebuah inovasi kita harus menggunakan daya imaginasi kita dan hal ini bisa kita lakukan dengan banyak membaca referensi atau berpetualang melalui dunia maya untuk melihat perkembangan kebutuhan dan keinginan konsumen dan meramalkan apa yang akan terjadi 5 tahun sampai 10 tahun ke depan diwilayah segment pasar kita.Kunci dari membangun inovasi berbasis pasar adalah meletakkan pasar dalam hal ini konsumen sebagai subyek yang harus dilayani,sehingga kepedulian kita kepada pelanggan adalah menjadi orientasi dari inovasi yang kita lakukan.sebab konsumen tidak peduli seberapa banyak kita tahu dan mengenal mereka sampai mereka tahu seberapa banyak kita peduli terhadap mereka.Jadi inti dari inovasi berbasis pasar adalah bangun relationship dengan konsumen secara proaktif,sehingga kita menjadi lebih dulu tahu apa yang diinginkan konsumen anda dan memberi surprise kepada pelanggan yang membuat mereka selalu mengingat kita,serta menjadikan kita pilihan utama konsumen.
Komentar
Posting Komentar