Day dan Wesley ( 1988) mengemukakan keunggulan kompetitive mempunyai dua arti yang saling berhubungan yang pertama memfokuskan pada superioritas keterampilan ( Superior skill) dan atau superioritas sumber daya ( superior resources), dan arti yang kedua berkaitan dengan keunggulan posisional perusahaan yang dinyatakan dengan hasil-hasil kinerja superior ( superior performance out comes).
Porter ( 1985) keunggulan posisional bisnis yang dicapai oleh suatu perusahaan secara langsung merupakan barriers (hambatan) mobilits kompetitif dalam persaingan karena dapat menjadi penghalang masuknya pesaing baru.Dimana porter membedakan keunggulan strategik perusahaan karena dua hal yakni yang pertama karena perusahaaan memiliki keunikan (berbeda dengan lainnya) yang dilihat oleh pelanggan dan karena perusahaan memiliki keunggulan posisi biaya yang relatif rendah dibanding dengan pesaing.Perubahan selera dan kebutuhan konsumen yang begitu cepat membawa arah perkembangan zaman yang menghendaki kehidupan yang serba instant hal ini membuat pergeseran peta persaingan bisnis,dimana loyalitas konsumen adalah merupakan suatu yang langka,dan absolurisme kebutuhan juga menjadi sesuatu yang relative,hal ini menjadikan life cycle produk menjadi begitu cepat dan menuntut inovasi yang serba cepat dimana berdasarkan hasil penelitian untuk produk acesoris rata-rata paling lama life cycle hanya bertahan 1 bulan usianya.Untuk itu keunggulan pada sisi komparatif yang didominasi oleh factor-faktor tangible menjadi sangat rentan dan hampir sulit untuk mendapatkan posisioning dibenak konsumen,sehingga kita melihat fenomena pemimpin pasar di era 2010 ini adalah merekayang memiliki intangible asset sebagai factor keunggulan strategisnya.
Menurut Al Ries and Jack Trout(1981) dalam bukunya Positioning : The Battle for Your Mind; Kebanyakan perusahaan yang berhasil hampir tidak pernah mengubah jurus kemenangannya. Dengan pengecualian yang langka sebuah perusahaan sebaiknya jangan pernah mengubah strategi positioning dasarnya. Hanya taktiknya saja yang diubah, manuver jangka pendek yang dimaksudkan untuk menerapkan strategi jangka panjang. Kreatifitas akan memberikan konstribusi nyata hanya ketika mendukung sasaran memposisikan diri Anda.Sehingga Untuk menjadikan sebuah keunggulan menjadi keunggulan intangible asset yang dapat masuk kedalam benak konsumen maka hal yang harus dilakukan adalah :
1. Timbulkan kesan,sehingga konsumen dapat mengingat anda
2. Sesuaikan Diri dan Produk Kita sebagaimana apa yang di persepsi oleh konsumen,meskipun terkadang itu negative,tapi secara perlahan buatlah yang dipersepsi negative menjadi hal yang wajar,dan konsumen mulai melihat sisi positifnya.
3. Buatlah ritme perubahan yang anda lakukan,sesuaikan dengan kondisi dan momentum yang menjadi opini konsumen,jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat.
4. Bersifat Proaktif,dan mendahului pesaing dan melebihi ekspektasi konsumen
5. Sederhanakan masalah dan focus,buat pentahapan selesaikan yang paling mudah,dan jangan menunda pekerjaan
Komentar
Posting Komentar