Kunci untuk survive atau bahkan memenangkan pasar di tahun 2011, adalah fleksibelitas.Perusahaan yang mampu fleksibel terhadap setiap perubahan yang ada,itulah yang akan tetap eksis di pasar 2011.
Untuk dapat fleksibel maka perusahaan harus mampu melakukan :
Perencanaan berbasis peramalan : mencari perencanaan yg lebih efektif untuk pertumbuhan dg mencoba meramalkan masa yg akan datang melebihi dari tahun berikutnya.
Perencanaan strategis : Mencari cara untuk meningkatkan respon terhadap pasar persaingan dg mencoba berpikir secara strategis.
Hal ini diwujudkan melalui kemampuan perusahaan didalam melihat tren perubahan pasar dan beradaptasi dengan keadaan. Dan memahami faktor-faktor kunci yang menyebabkan perubahan perilaku konsumen.Beberapa perubahan ekstrim yang mengakibatkan perubahan perilaku konsumen adalah perkembangan teknologi, perubahan iklim geografi,perubahan budaya dan pergeseran kebutuhan yang diakibatkan adanya pergeseran skala ekonomi.
Keberadaan teknologi yang memberi dampak pada perilaku konsumen adalah teknologi informasi yang sekarang terasa begitu kuat,dan menyebabkan hilangnya loyalitas konsumen dan menyebabkan ketidakpastian pasar.
Menurut hermawan kertajaya di pasar Indonesia sekitar 40% Youth atau anak muda (konsumen usia 14 sampai 35) lebih berani mencoba produk atau inovasi terbaru dan sekitar 60% menggunakan new media.
Fenomena bencana yang begitu banyak terjadi di Indonesia mengakibatkan inflasi dan menjadikan turunnya daya taraf hidup masyarakat sehingga menghilangkan kelompok masyarakat yang middle class dan membuat lebar jarak anatara kelompok atas dan bawah yang semakin banyak.
Adanya teknologi informasi yang semakin mudah dan cepat menjadikan terjadinya perubahan budaya masyarakat dimana Markplus menemukan fakta bahwa lebih dari 80% di Indonesia memegang kontrol keuangan rumah tangga. Mereka sangat peduli terhadap well-being keluarga, sangatlah penting menjaga kepercayaan mereka terhadap merek. Eksklusivitas juga sangat penting bagi wanita dan tentunya mereka adalah orang pertama yang mengikuti tren gaya hidup.
Tidak hanya itu teknologi informasi yang mudah dan semakin murah membuat hubungan relationship orang lebih banyak dilakukan melalui teknologi,sehingga komunitas jejaring socialpun dilakukan melalui situs ( facebook.twiter,yahoo messenger dll)
Pergeseran skala ekonomi yang berdampak pada perubahan Gaya hidup Konsumen yang terkonsentrasi pada tiga hal, fashion, entertainment, dan socialization, sehingga perputaran gaya hidup ditentukan dari kualitas dan kuantitas dari tiga hal tersebut.Untuk itu cara mengkomunikasikan produk harus disesuaikan dengan momentum( when,where,Who dan How) yang tepat sesuai dengan skala ekonomi segmen pasar kita.
Komentar
Posting Komentar