Langsung ke konten utama

Fleksibelitas Kunci Kesuksesan Strategi Bisnis di Tahun 2011


Kunci untuk survive atau bahkan memenangkan pasar di tahun 2011, adalah fleksibelitas.Perusahaan yang mampu fleksibel terhadap setiap perubahan yang ada,itulah yang akan tetap eksis di pasar 2011.
 Untuk dapat fleksibel maka perusahaan harus mampu melakukan :
 Perencanaan berbasis peramalan : mencari perencanaan yg lebih efektif untuk pertumbuhan dg mencoba meramalkan masa yg akan datang melebihi dari tahun berikutnya.


Perencanaan strategis : Mencari cara untuk meningkatkan respon terhadap pasar persaingan dg mencoba berpikir secara strategis.
Hal ini diwujudkan melalui kemampuan perusahaan didalam melihat tren perubahan pasar dan beradaptasi dengan keadaan. Dan memahami faktor-faktor kunci yang menyebabkan perubahan perilaku konsumen.Beberapa perubahan ekstrim yang mengakibatkan perubahan perilaku konsumen adalah perkembangan teknologi, perubahan iklim geografi,perubahan budaya dan pergeseran kebutuhan yang diakibatkan adanya pergeseran skala ekonomi.
Keberadaan teknologi yang memberi dampak pada perilaku konsumen adalah teknologi informasi yang sekarang terasa begitu kuat,dan menyebabkan hilangnya loyalitas konsumen dan menyebabkan ketidakpastian pasar.
Menurut hermawan kertajaya di pasar Indonesia sekitar 40% Youth atau anak muda (konsumen usia 14 sampai 35) lebih berani mencoba produk atau inovasi terbaru dan sekitar 60% menggunakan new media.
Fenomena bencana yang begitu banyak terjadi di Indonesia mengakibatkan inflasi dan menjadikan turunnya daya taraf hidup masyarakat sehingga menghilangkan kelompok masyarakat yang middle class dan membuat lebar jarak anatara kelompok atas dan bawah yang semakin banyak.
Adanya teknologi informasi yang semakin mudah dan cepat menjadikan terjadinya perubahan budaya masyarakat dimana Markplus menemukan fakta bahwa lebih dari 80% di Indonesia memegang kontrol keuangan rumah tangga. Mereka sangat peduli terhadap well-being keluarga, sangatlah penting menjaga kepercayaan mereka terhadap merek. Eksklusivitas juga sangat penting bagi wanita dan tentunya mereka adalah orang pertama yang mengikuti tren gaya hidup.
Tidak hanya itu teknologi informasi yang mudah dan semakin murah membuat hubungan relationship orang lebih banyak dilakukan melalui teknologi,sehingga komunitas jejaring socialpun dilakukan melalui situs ( facebook.twiter,yahoo messenger dll)

Pergeseran skala ekonomi yang berdampak pada perubahan Gaya hidup Konsumen yang terkonsentrasi pada tiga hal, fashion, entertainment, dan socialization, sehingga perputaran gaya hidup ditentukan dari kualitas dan kuantitas dari tiga hal tersebut.Untuk itu cara mengkomunikasikan produk harus disesuaikan dengan momentum( when,where,Who dan How) yang tepat sesuai dengan skala ekonomi segmen pasar kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Usaha

Perencanaan usaha merupakan suatu alat untuk memastikan bahwa sebuah usaha dijalankan dengan benar dan tepat, yang mencakup pemilihan kegiatan yang akan dijalankan, bagaimana menjalankan dan kapan dimulai dan selesainya pekerjaan itu, untuk membantu tercapainya tujuan usaha. Perencanaan usaha merupakan langkah awal yang menunjukkan bahwa seseorang serius untuk berwirausaha,dan untuk menghindari faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan,serta mengantisipasi setiap tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan usaha Seorang wirausaha menurut Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer (1993) (dalam Suryana,2003) mengemukakan definisi wirausaha sebagai berikut : “ An entrepreuneur is one who creates a new business in the face of risk and uncertainty for the perpose of achieving profit and growth by identifying opportunities and asembling the necessary resourses to capitalize on those opportunuties”. Wirausaha adalah orang yang menciptakan bisnis baru dalam

Strategi membangun Daya Saing di era Hyper Competition

Pada Era Hypercompetition(Persaingan tingkat tinggi dan mengglobal) dimana semua perusahaan menawarkan sesuatu yang baru dan terstandarisasi karena adanya perkembangan teknologi dan ini menyebabkan keunggulan kompetitif sulit untuk bisa dipertahankan karena begitu mudahnya pesaing meniru.Pada kondisi ini setiap perusahaan dituntut untuk senantiasa bersaing dalam harga,kualitas,dan inovasi pada setiap aktivitas-aktivitasnya Keunggulan bersaing diperoleh ketika perusahaan mampu menjadikan banyak aktivitas berlainan yang dilakukan oleh perusahaan digabungkan dalam suatu rantai yang dapat memberikan konstribusi nilai yang memberikan margin maksimal bagi perusahaan ( melaksanakan aktivitas-aktivitas yang penting secara strategis dengan lebih murah atau lebih baik dibanding pesaing). Untuk mempertahankan keunggulan bersaing, kompetensi inti haruslah menambah nilai, sulit digantikan, sulit bagi pesaing untuk meniru, dan dapat dipindahkan sepanjang perusahaan (Barney, 1991; Grant, 1991) .Untu

Evaluasi Strategi,Kunci Kemenangan Tim

Kegagalan sebuah Tim dalam suatu pertandingan,lebih banyak disebabkan karena tidak adanya evaluasi atau control terhadap strategi yang diterapkan. Kontrol strategi adalah suatu proses merubah rencana bisnis yang diakibatkan adanya perubahan kondisi/situasi, adanya tambahan pengetahuan atau membuat penyesuaian untuk mengarahkan aktivitas-aktivitas agar sesuai dengan rencana. Dimana kegiatannya sbb: • Menentukan target prestasi kerja,standar-standar dan batas batas toleransi untuk tujuan,strategi dan pelaksanaannya. • Mengukur kondisi riel terhadap target yang telah ditentukan • Menganalisis penyimpangan-penyimpangan terhadap batas-batas toleransi. • Melakukan modifikasi-modifikasi yang diperlukan. Proses evaluasi dan kontrol strategik akan melalui beberapa tahap/langkah sebagai berikut: a) Menentukan suatu standar untuk mengukur kinerja perusahaan dan membuat batas toleransi yang dapat diterima untuk tujuan, sasaran dan strategi. Peter Drucker mengusulkan lima kriteria untuk penentua