Banyak sekali produk makanan yang dikelola oleh Usaha Kecil dan Mikro itu ditujukan untuk segmentasi anak-anak,kalah bersaing dengan usaha besar yang sudah mapan dan memiliki kekuatan dana untuk menjalankan strategi pemasarannya.Namun ada beberapa bisnis olahan makanan Usaha Kecil dan Mikro(UK&M) yang tetap eksis ditengah persaingan yang begitu ketat dengan Usaha skala menengah dan besar.
Berikut beberapa tips untuk menjadikan bisnis makanan dan minuman Usaha Kecil dan Mikro :
1.Segmentasi dan Target Pasar
Segmentasi dalam strategi pemasaran yang ditetapkan harus didasarkan pada siklus hidup keluarga, daya beli,dan domisili. Target segmen yang dipilih harus yang peka pada harga yang berdomisili di perkotaan.
UK&M juga perlu menambahkan segmentasi berdasarkan psikografis yaitu konsumen yang telah membeli makanan atai minumannya cenderung untuk membeli variasi produk lainnya dari produsen yang sama. Dengan cara memberi stimulus berupa,hadiah,diskon atau produk tester.
2.Positioning
Bisnis olahan makanan Usaha Kecil dan Mikro(UK&M) juga harus diposisikan sebagai produk berkualitas dengan tetap menjaga kebersihan pada kemasan atau display produk dan tunjukkan kesah higines melalui tampilan yang mengkombinasikan warna biru dan putih.
3.Bauran Pemasaran
a.Produk
Produk bisnis olahan makanan Usaha Kecil dan Mikro(UK&M), ditunjang dengan kandungan yang sesuai ketentuan standar Depkes RI.jika tidak memungkinkan karena biaya maka usahakan bentuk kemasan dan display produk yang memang lebih diminati konsumen.
b.Harga
Harga merupakan atribut yang dipertimbangkan kosumen dalam menentukan pilihan bisnis olahan makanan Usaha Kecil dan Mikro(UK&M) .Penetapan harga mempertimbangkan daya beli masyarakat . Harga tetap terjangkau. Hal yang penting untuk terus dijaga oleh perusahaan adalah fluktuasi harga. Harus dihindarkan terjadinya fluktuasi hargakarena dari riset terlihat bahwa fluktuasi harga merupakan salah satu unsur yang sangat diperhatikan oleh konsumen.
c.Saluran distribusi
Penggunaan saluran distribusi harus murah dan dekat dengan pasar sehingga konsumen mudah mendapatkan produk .
d.Promosi
i.Iklan
Melalui keluarga, dengan menjadikan keluarga pembeli sebagai sarana utama dalam beriklan.Dalam menyajikan informasi sebaiknya memperlihatkan keunggulan produk, berfokus pada keunggulan produk dapat menyampaikan pesan produsen untuk memberi pengetahuan yang bersifat mendidik pada konsumen sehingga konsumen sadar fungsi dan manfaat bisnis olahan makanan Usaha Kecil dan Mikro(UK&M) tersebut.
ii.Promosi Penjualan
Promosi penjualan melalui pemberian hadiah pada setiap pembelian sebaliknya tidak perlu dilakukan karena hasil riset menunjukkan bahwa pemberian hadiah dikategorikan kurang penting (hasil survey).Sebaiknya promosi dilakukan dengan memberi tester produk.
iii.Hubungan Masyarakat.
Membina hubungan dengan pelanggan agar tetap loyal terhadap bisnis olahan makanan Usaha Kecil dan Mikro(UK&M).
iv.Penjualan Personal
Lakukan penjualan personal dengan mendatangi rumah konsumen untuk dapat mengenal lebih dekat konsumen.
Perencanaan usaha merupakan suatu alat untuk memastikan bahwa sebuah usaha dijalankan dengan benar dan tepat, yang mencakup pemilihan kegiatan yang akan dijalankan, bagaimana menjalankan dan kapan dimulai dan selesainya pekerjaan itu, untuk membantu tercapainya tujuan usaha. Perencanaan usaha merupakan langkah awal yang menunjukkan bahwa seseorang serius untuk berwirausaha,dan untuk menghindari faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan,serta mengantisipasi setiap tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan usaha Seorang wirausaha menurut Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer (1993) (dalam Suryana,2003) mengemukakan definisi wirausaha sebagai berikut : “ An entrepreuneur is one who creates a new business in the face of risk and uncertainty for the perpose of achieving profit and growth by identifying opportunities and asembling the necessary resourses to capitalize on those opportunuties”. Wirausaha adalah orang yang menciptakan bisnis baru dalam
Komentar
Posting Komentar