Menurut Philip Kotler Perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh empat faktor psikologi utama:
– Motivasi
– Persepsi
– Pembelajaran
– Keyakinan serta sikap
Ketika melakukan pembelian, pembeli melalui proses keputusan yang terdiri dari:
– Pengenalan kebutuhan
– Pencarian informasi
– Evaluasi alternatif
– Keputusan pembelian
– Perilaku pascapembelian.
Demikian halnya dengan sebuah usaha Toko Ritel,amat sangat dipengaruhi oleh kesan yang menimbulkan persepsi konsumen terhadap sebuah Toko Ritel,Jika Disan dan kemasan toko menarik akan merangsang konsumen untuk datang dan melihat kedalam apakah keberadaan toko tersebut sesuai dengan persepsinya,kemudian pada saat dia berbelanja dia mulai melakukan aspek pembelajaran dan evaluasi alternatif,kemudian mengambil keputusan pembelian.Dan jika dia merasa bahwa toko tersebut telah memenuhi apa yang dia persepsikan maka akan menumbuhkan keyakinan dan sikap yang membuat konsumen melakukan pembelian ulang bahkan akan mereferensikan kepada orang lain untuk berbelanja di Toko tersebut. Strategi pemasaran yang digerakkan pelanggan dimulai dengan memilih pelanggan mana yang akan dilayani dan memutuskan proposisi nilai yang dapat melayani pelanggan sasaran dengan sangat baik • Strategi ini terdiri dari empat langkah: 1. Melihat dan Mengamati Pasar mana yang bisa dilayani dengan baik 2. Memilih dan Menetapkan sasaran pasar yang akan dilayani 3. Menciptakan sesuatu yang berbeda dengan para pesaing dari sisi disain,display,kelengkapan barang dan harga psikologis 4. Membangun Positioning khususnya dari sisi pelayanan dan kenyamanan Salah satu upaya yang bias menjadikan Toko memiliki posisioning yang berbeda dengan pesaing adalah : Aspek fisik dan tempat yang kongkrit dari lingkungan yang mencakup suatu kegiatan konsumen.Stimuli : warna,suara, penerangan, cuaca, dan susunan ruang orang, atau benda dapat mempengarhi perilaku konsumenLingkungan fisik mempengaruhi persepsi konsumen melalui mekanisme sensor penglihatan, pendengaran, penciuman, dan bahkan Sentuhan. Lingkungan fisik dapat mempengaruhi perilaku,sikap, dan keyakinan konsumen ke arah yang diinginkan.Contoh lingkungan mempunyai implikasi yang penting untuk membangun citra Bisnis. Atmospherics menurut Kotler sebagai usaha merancang lingkungan membeli untuk enghasilkan pengaruh emosional khusus kepada pembeli yang kemungkinan meningkatkan pembeliannya. Warna dapat memiliki kekuatan yang mengarakan konsumen di samping penciptaan citra.konsumen cenderung bergerak ke warna yang hangat (merah dan kuning) tapi merasakan bahwa warna hangat umumnya tidak menyenangkan. Warna dingin (biru dan hijau) tidak menarik perhatian konsumen tapi dianggap menyenangkan. Tempo musik mempengaruhi perilaku konsumen. jika diberi tempo musik latar dan lambat. konsumen meluangkan waktunya lebih lama dan • jika musik dengann tempo yang cepat Tingkat lalu lalang konsumen juga cepat
Demikian halnya dengan sebuah usaha Toko Ritel,amat sangat dipengaruhi oleh kesan yang menimbulkan persepsi konsumen terhadap sebuah Toko Ritel,Jika Disan dan kemasan toko menarik akan merangsang konsumen untuk datang dan melihat kedalam apakah keberadaan toko tersebut sesuai dengan persepsinya,kemudian pada saat dia berbelanja dia mulai melakukan aspek pembelajaran dan evaluasi alternatif,kemudian mengambil keputusan pembelian.Dan jika dia merasa bahwa toko tersebut telah memenuhi apa yang dia persepsikan maka akan menumbuhkan keyakinan dan sikap yang membuat konsumen melakukan pembelian ulang bahkan akan mereferensikan kepada orang lain untuk berbelanja di Toko tersebut. Strategi pemasaran yang digerakkan pelanggan dimulai dengan memilih pelanggan mana yang akan dilayani dan memutuskan proposisi nilai yang dapat melayani pelanggan sasaran dengan sangat baik • Strategi ini terdiri dari empat langkah: 1. Melihat dan Mengamati Pasar mana yang bisa dilayani dengan baik 2. Memilih dan Menetapkan sasaran pasar yang akan dilayani 3. Menciptakan sesuatu yang berbeda dengan para pesaing dari sisi disain,display,kelengkapan barang dan harga psikologis 4. Membangun Positioning khususnya dari sisi pelayanan dan kenyamanan Salah satu upaya yang bias menjadikan Toko memiliki posisioning yang berbeda dengan pesaing adalah : Aspek fisik dan tempat yang kongkrit dari lingkungan yang mencakup suatu kegiatan konsumen.Stimuli : warna,suara, penerangan, cuaca, dan susunan ruang orang, atau benda dapat mempengarhi perilaku konsumenLingkungan fisik mempengaruhi persepsi konsumen melalui mekanisme sensor penglihatan, pendengaran, penciuman, dan bahkan Sentuhan. Lingkungan fisik dapat mempengaruhi perilaku,sikap, dan keyakinan konsumen ke arah yang diinginkan.Contoh lingkungan mempunyai implikasi yang penting untuk membangun citra Bisnis. Atmospherics menurut Kotler sebagai usaha merancang lingkungan membeli untuk enghasilkan pengaruh emosional khusus kepada pembeli yang kemungkinan meningkatkan pembeliannya. Warna dapat memiliki kekuatan yang mengarakan konsumen di samping penciptaan citra.konsumen cenderung bergerak ke warna yang hangat (merah dan kuning) tapi merasakan bahwa warna hangat umumnya tidak menyenangkan. Warna dingin (biru dan hijau) tidak menarik perhatian konsumen tapi dianggap menyenangkan. Tempo musik mempengaruhi perilaku konsumen. jika diberi tempo musik latar dan lambat. konsumen meluangkan waktunya lebih lama dan • jika musik dengann tempo yang cepat Tingkat lalu lalang konsumen juga cepat
Komentar
Posting Komentar