Pada persaingan yang ketat
sekarang ini,usaha mikro,kecil dan menengah dituntut untuk mampu bersaing
dengan menyampaikan sesuatu pada konsumen melalui aktivitas komunikasi tertentu
yang sering disebut sebagai elemen, fungsi atau alat (tool) yang terutama terdiri atas periklanan, penjualan personal,
dan promosi penjualan secara efektif dan efisien. Keseluruhan aktivitas komunikasi pemasaran
tersebut dinamakan bauran pemasaran (Sulaksana, 2003:24). Salah satu bauran
pemasaran tersebut adalah melalui media periklanan.
Advertising merupakan salah satu bentuk dari bauran
komunikasi pemasaran yang yang berpotensi besar untuk mencetak penjualan. Salah
satu media advertising yang tepat dan
murah adalah melalui penyebaran leaflet.
Leaflet merupakan alat promosi yang fleksibel dan memiliki penampilan yang cukup
menarik dalam menyampaikan pesan kepada konsumen. Menurut Hasty dan Reardon (1997:508),
leaflet mempunyai beberapa kelebihan
antara lain:
1. Adanya ilustrasi yang jelas
tentang produk yang ditawarkan.
2. Merupakan sarana promosi yang
dapat dilakukan secara rutin dan dalam frekuensi yang cukup tinggi.
3. Fleksibel dalam merespon
berbagai perubahan yang terjadi secara tiba-tiba.
4. Umumnya dapat digunakan sebagai
petunjuk untuk mengadakan kegiatan belanja, misalnya keterangan tentang lokasi
toko, alamat dan nomor telepon toko.
5. Biaya lebih murah dibanding
media lain.
6.
Memberikan kesegaran (sense of immediacy).
7.
Dapat menampilkan ciri khas dari perusahaan yang
mengeluarkan atau mencetak selebaran (leaflet)
tersebut.
8.
Alat informasi yang sangat efektif dalam usaha
memberikan informasi yang terbaru kepada konsumen.
Penyebaran leaflet dianggap
efektif jika memenuhi unsur-unsur dalam komunikasi dan pesan yang dikirim oleh
pengirim diterima dan diartikan oleh penerima sama dengan apa yang dimaksud
dalam pesan sehingga penerima bereaksi sesuai dengan yang diharapkan. Di dalam leaflet tercantum informasi harga khusus
untuk produk tertentu dengan periode tertentu, ilustrasi atau gambar produk,
harga produk, dan promosi lain yang ditawarkan. Media promosi melalui leaflet diharapkan akan mampu membantu
konsumen dalam mengambil keputusan pembelian sebagai salah satu bentuk respon atau
feedback dari konsumen.
Berdasarkan hasil sebuah
penelitian pada toko ritel (ilklan leaflet mempunyai pengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen Toko ritel. artinya iklan leaflet toko ritel
mempunyai kontribusi terhadap persepsi konsumen dalam menentukan keputusan
pembelian. Kontribusi iklan leaflet terhadap keputusan pembelian Toko ritel
besarnya 71% dan sisanya 29% disebabkan variabel lain yang tidak dibahas dalam
model regresi. Berarti untuk meningkatkan presepsi konsumen terhadap keputusan
pembeliannya, Toko ritel harus tetap konsentrasi terhadap iklan leaflet.
Untuk meningkatkan efektifitas promosi
iklan melalui leaflet,maka pihak toko ritel harus membuat informasi yang
sederhana,disain gambar yang menarik dan menonjolkan keunggulan Toko ritel sebagai
takelinenya.misalkan Harga murah,kualitas terjamin,garansi.Jika budget terbatas
gunakan kertas berwarna (gunakan kertas berwarna merah jika tulisan atau gambar
hanya satu warna) dan minimal ukuran adalah A4(jika leaflet selembar).Tempelkan
leafleat ditempat yang memungkinkan orang akan melihat minimal 10 detik.Jangan
disebar di jalan raya,tetapi cari wilayah segmen utama pasar anda dan berikan
secara personal.
Komentar
Posting Komentar