Kelemahan Toko Kelontong di Indonesia adalah pada aspek profesionalitas,sebab latarbelakang Toko Kelontong Indonesia masih mengandalkan hubungan kekerabatan, kondisi inilah yang menyebabkan pola pengelolaan Toko Kelontong masih sangat tradisional dan mengandalkan hubungan kekerabatan. Dan ini akan menjadi kelemahan utama Toko Kelontong dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, karena ASEAN akan menjadi pasar tunggal yang didukung oleh kebebasan aliran barang dan jasa, investasi, modal, tenaga kerja terampil.Kondisi ini diperparah dengan adanya persaingan yang tidak sehat antara Toko Kelontong sektor perdagangan dengan Mini market(franchise) Indomaret dan Alfamart. Untuk menjadi Toko Kelontong yang berdaya saing, maka harus diubah pola pengembangan Toko Kelontong yang memanfaatkan teknologi informasi,sehingga professionalisme pengelolaan yang ditunjukkan melalui usaha yang lebih fokus kepada kedalaman dan inovasi untuk menciptakan keunikan dan daya saing dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Buku ini mengindetifikasi dan memposisioning daya saing Toko Kelontong dalam menghadapi persaingan menggunakan pendekatan analisis SWOT, Analisis Regresi Logistik dan Analisis Pakar dengan menggunakan Konsep Fuzzy Logic yang membantu Toko Kelontong dalam mengambil keputusan untuk membangun daya saing strategisnya dan memberikan kemudahan pada penggunanya.
Perencanaan usaha merupakan suatu alat untuk memastikan bahwa sebuah usaha dijalankan dengan benar dan tepat, yang mencakup pemilihan kegiatan yang akan dijalankan, bagaimana menjalankan dan kapan dimulai dan selesainya pekerjaan itu, untuk membantu tercapainya tujuan usaha. Perencanaan usaha merupakan langkah awal yang menunjukkan bahwa seseorang serius untuk berwirausaha,dan untuk menghindari faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan,serta mengantisipasi setiap tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan usaha Seorang wirausaha menurut Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer (1993) (dalam Suryana,2003) mengemukakan definisi wirausaha sebagai berikut : “ An entrepreuneur is one who creates a new business in the face of risk and uncertainty for the perpose of achieving profit and growth by identifying opportunities and asembling the necessary resourses to capitalize on those opportunuties”. Wirausaha adalah orang yang menciptakan bisnis baru dalam
Komentar
Posting Komentar