Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2010

MENGAWALI SETIAP LANGKAH DENGAN BAIK ADALAH KUNCI KESUKSESAN BISNIS KITA

Mulailah suatu pekerjaan dengan awal yang baik,sebab suatu pekerjaan dari awal yang buruk itu bisa sulit untuk mengejar ketertinggalannya.sebagaimana sabda Rasullullah SAW: "Sesungguhnya segala amal itu tergantung dari niatnya dan sesungguhnya seseorang akan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diniatkanya" (Riwayat Bukhari & Muslim). Suatu bisnis harus dimulai dengan mengembangkan suatu rencana yang membawa kita ke tujuan yang dirumuskan secara simple,terukur,dapat dilaksanakan,sesuai dengan momentum,dan ada jangka waktu pencapaian tahapannya.Untuk itu dibutuhkan Metrik (pengukuran) untuk mengetahui apakah kitasedang bergerak ke arah tujuan yang sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan,dan jangan terjebak dalam sesuatu yang tampak baik. Bekerja dengan gembira bersama-sama tim work. Jangan mencoba untuk merasa bertindak besar. Untuk mencari muka pada pimpinan, tapi menikmati perusahaan seperti orang yang lain sehingga kita tetap mengedepankan kejujuran dalam setiap

Memberantas Markus(makelar Kasus) dengan Membangun Daya Saing Kompetitif

Markus(makelar Kasus) adalah sebuah fenomena dimana rendahnya daya saing kompetitif dan kesombongan terhadap keunggulan komparatif (materiil).Kondisi ini apabila terus dibiarkan maka akan menjadi sebuah struktur behavior bangsa yang akan memberikan kerusakan yang sistemik dalam pembangunan Negara dan bangsa ini Pada tahun 2002 Bank dunia sudah mensinyalir dalam laporanNya yang berjudul Building Institutions for Markets,yang menyampaikan bahwa Negara berkembang akan menjadi maju jika dibangun regulasinya ini dengan terlebih dahulu membangun struktur behavior masyarakatnya dan Mecanisme enforcmentnya dalam memlaksanakan kebijakan pembangunannya. Untuk itu bangsa ini perlu membangun strutur behavior masyarakat dengan mengedukasi masyarakat untuk mengembangkan keunggulan kompetitifnya dengan melihat tantangan dan peluang dimasa depan dengan tetap memperhatikan kondisi kekuatan dan kelemahannya saat ini.Ada beberapa cara untuk membangun keunggulan kompetitif bangsa ini diantaranya adalah :

Mengembangkan Strategi yang Berkelanjutan Menjadi Kunci Daya Saing Anda

Pelajaran dan pelajari kebutuhan dan keinginan konsumen.Eksplor keberadaan media dan informasi yang menjadi trend masyarakat.Jadikan sebagai Center Point Anda dalam Mengembangkan Strategi yang Berkelanjutan dan tentukan Core Kompetensi yang relevan untuk Menjadi Kunci Daya Saing Anda.Untuk mencapai pendapatan yang menguntungkan dalam pasar yang dinamis,adalah bukan pekerjaan yang mudah Dimana para pesaing akan selalu tumbuh pada pasar-pasar potensial dengan strategi yang mengejutkan.Untuk itu Anda harus menjadikan kegiatan marketing sebagai pusat studi untuk belajar bagaimana mempelajari konsumen anda secara lebih rinci dan terus menerus.Karena pembeli adalah inti dari setiap strategi pemasaran, sangat penting untuk memahami bagaimana siklus kehidupan produk/jasa anda di pasar dan bagaimana Anda dan Pesaing mempengaruhi calon pelanggan dan pelanggan Anda Berikut adalah hal-hal penting untuk dipertimbangkan dalam menjaga keberhaasilan strategi pemasarana Anda: 1. Jangan Mengeneralisasi

Mendriver Otak Tengah Dengan Hati Untuk menciptakan Daya Saing Berkelanjutan

Kita banyak melihat trend sekarang dan kedepan akan banyak orang melakukan kreatifitas dan inovasi dengan Aktivasi otak tengah. Salah satu cara yang diajarkan pada saat aktivasi otak tengah adalah membuat otak tersebut terbuka untuk menerima hal yang dirasa tidak mungkin Aktivasi otak tengah dilakukan dengan secara ilmiah. Aktivasi otak tengah ini banyak mempergunakan gelombang otak Alpha. Gelombang otak Alpha di buktikan secara ilmiah adalah gelombang otak yang muncul dominan pada saat kita dalam keadaan relax dan paling kreatif. Gelombang otak ini biasanya dominan pada saat kita bangun tidur, atau dalam keadaan relax di toilet, atau bahkan sedang berendam air panas,pada saat kita bermeditasi, sholat,mengaji al-Quran Kunci dari aktivasi otak tengah adalah menjadikan seluruh panca indera menjadi alat penerima informasi.Begitu pula dengan hati manusia, hati manusia juga memiliki empat buah saluran, yaitu pikiran, mata, telinga, dan mulut. Apabila pikiran kita baik dan bersih, penglihat

Berfikir Kreatif Kunci Keberhasilan dalam Memasarkan Produk/Jasa

Menurut Fary M. Farghob, Managing Director Draf Indonesia, menyatakan bahwa penggunaan komunikasi produk yang gencar melalui media televisi tidak memberikan jaminan bahwa produk tersebut akan diserap dengan cepat oleh pasar. Kini, 75% konsumen mengambil keputusan dan memilih produk saat berada di tempat penjualan, sehingga atribut penarik perhatian Point Of Purchase (POS) yang dulu tidak diperhatikan, justru kini menjadi penting. Iklan televisi saat ini sudah tidak mencukupi lagi dalam artian agensi iklan harus memahami fenomena ini untuk menciptakan materi POS yang kuat yang akan mempengaruhi keputusan para konsumen saat berbelanja (Sinar Harapan; 2003) Ada dua jenis aktivitas utama iklan yang dikenal dengan istilah Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL). ATL adalah kegiatan iklan dengan menggunakan media massa seperti televisi, radio, koran, majalah, dan billboard untuk menjangkau target audiens secara luas. Sedangkan BTL adalah kegiatan iklan dengan menggunakan media yang le

Strategi Mengembangkan keunggulan kompetitif dengan mengurangi biaya atau menambah nilai

Perusahaan dapat menentukan sifat keunggulan kompetitif potensialnya yang dapat menciptakan kinerja unggul dengan mempelajari aktivitas yang dapat memberikan nilai bagi pelanggan dan ‘cost driver’ yang dapat menciptakan keunggulan biaya potensial(lebih murah dimata konsumen), Dengan melakukan hal berikut ini: 1. Mengidentifikasi keunggulan kompetitif (cost leadership atau differensiasi). Analisis aktivitas ini dapat membantu manajemen untuk memahami secara lebih baik tentang keunggulan-keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan dalam rantai nila aktivitasnya secara keseluruhan dibandingkan dengan pesaing terdekatnya. 2. Mengidentifikasi peluang akan nilai tambah. Analisis aktivitas nilai dapat membantu mengidentifiksi aktivitas dimana perusahaan dapat menambah nilai secaara signifikan untuk pelanggan. 3. Mengidentifikasi peluang untuk mengurangi biaya. Studi terhadap aktivitas nilai dan cost driver dapat membantu perusahaan menentukan pada bagian mana dari value chain yang t

Memanaje Pekerjaaan Secara Islami

Seseorang bertanya kepada saya mengapa dia kalau bekerja gampang capek,jenuh, dan gampang terjangkit penyakit hati,iri,dengki,ujub dan takabur.Dia bertanya apakah itu semua timbul karena factor bawaan pada dirinya atau karena lingkungan. Kemudian saya menjawab bahwa Hidup itu adalah Ibadah.Dan bekerja itu adalah bagian dari Hidup yang berarti juga bagian dari Ibadah dan inti dari ibadah adalah : 1. Kerjakan dengan niat yang ikhlas semata hanya mencari ridho Allah 2. Bacalah Bismillah dan mulailah pekerjaan itu dari sesuatu yang mudah atau yang ringan untuk anda kerjakan terlebih dahulu. 3. Bangun dan kembangkan budaya kerjasama dalam bekerja sehingga sesuatu yang berat akan terasa ringan 4. Yakini bahwa setiap pekerjaan akan menghasilkan buah rejeki yang tidak selalu dalam bentuk uang,tetapi bias dalam bentuk kesehatan,kedamaian ataau yang lainnya. Nabi Muhammad saw mengelola (manage) dan mempertahankan (mantain) kerjasama dengan stafnya dalam waktu yang lama dan bukan hanya hubungan

Kunci sukses organisasi anda kedepan

Dalam Buku Dr. Stephen R. Covey, The 8th Habit, Tantangan perusahaan ke depan, untuk mencapai sukses tidak hanya bersandar pada ukuran kinerja finansial atau kuantitatif. Perusahaan tidak hanya dituntut memiliki performa superior sustainable tetapi juga harus mampu membangun: pelanggan yang loyal; karyawan yang berdedikasi tinggi; dan kontribusi yang menonjol – loyal customer, engaged employee, distinctive contribution Konsep ini sebetulnya sudah disinyalir didalam al-qur’an dan Hadist, Dimana Allah Berfirman : Adanya siang dan malam dalam alam dunia ini, merupakan isyarat akan adanya kewajiban bekerja (pada siang hari). Dan Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan suatu kehidupan (QS. An-Naba’: 11). Kami telah menjadikan untukmu semua di dalam bumi itu sebagai lapangan mengusahakan kehidupan. Tetapi sedikit sekali kamu berterima kasih (QS. Al-A’raf: 10). Maka menyebarlah di bumi dan carilah rezeki dari keutamaan Allah (QS. Al-Jum’ah: 10).Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada

BUATLAH SELALU PROPOSAL KEHIDUPAN ANDA

Dalam Kehidupan kadang kita tidak bisa memilih kehidupan yang selalu manis.Enak sekali kayaknya ya, kalau hidup ini selalu untung, selalu bahagia, selalu manis. Rasanya enggak bakal ada kesedihan, enggak bakal ada kesusahan. Yah, tapi apa boleh buat, kita masih manusia. Bukan kita yang mengatur kehidupan kita ini, melainkan Dia, Allah Sang Pengatur Tunggal alam semesta beserta isinya. Untuk itu kita harus selalu membuat proposal kehidupan kita. Kita ciptaan-Nya, dan Dia Pencipta kita. Kalau saja kita diberi hak penuh mengatur, tentu kita sudah stel aturan agar kita hidup manis terus.Namun kita diberi hak oleh Allah untuk mengajukan proposal kehidupan kita sebagaimana firman Allah; Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubah nasib mereka sendiri. (QS. Ar Ra'd 11)

Membangun Pribadi yang Sukses

1. Buat diri anda menjadi pribadi yang menyenangkan dalam lingkungan anda 2. Peliharalah konsistensi cita-cita dan tujuan hidup anda 3. Pilih teman dan lingkungan yang dapat membangun kompetisi yang positif 4.buatlah pentahapan pencapaian cita-cita dan tujuan Anda 5.Pilihlah skala prioritas dan lakukan sesuai dengan kemampuan anda pastikan setiap tahapan dapat anda capai dengan maksimal.

MANFAATKAN TI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN DAYA SAING UMK DALAM AC-FTA

KUNCI SUKSES SUATU BISNIS DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN DEWASA INI DAPAT DILAKUKAN DENGAN MENGEMBANGKAN SUATU KEUNIKAN YANG MEMBERIKAN NILAI SUPERIORITAS DIBANDINGKAN KOMPETITORNYA (KOTLER, 2000) PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MARKETING PRODUK UMKM MEMILIKI KEUNIKAN DENGAN KONSEP EPOSITIONING.DIMANA KITA MEMPOSISIKAN PRODUK DIDUNIA MAYA. TARGET DARI INTERNET BRANDING ADALAH SEDERHANA, YAITU BAGAIMANA MENGARAHKAN URL BROWSER DARI PENGGUNA INTERNET DI INDONESIA YANG BERJUMLAH 18 JUTA ATAU BISA DIKEMBANGKAN KE ARAH 1,3 MILIAR UNTUK PENGGUNA INTERNET DUNIA (DATA DARI INTERNETWORLDSTAT.COM). SURVEI TERAKHIR OLEH FORRESTER RESEACH MENEMPATKAN BLOG SEBAGAI FAKTOR KEDUA TERPENTING SEBAGAI SUMBER INFORMASI SEBELUM MEMBELI PRODUK, MENGALAHKAN FAKTOR LAIN SEPERTI IKLAN CETAK, TEVE, DAN RADIO. BLOG HANYA KALAH OLEH REKOMENDASI DARI TEMAN ATAU KELUARGA.(WRIGHT, JEREMY, BLOG MARKETING, ELEX MEDIA KOMPUTINDO, JAKARTA, 2006)

KIAT UNTUK BERTAHAN DI ASEAN CINA FREE TRADE AREA

Tetap berkepala dingin dan berfikir secara pragmatis dalam merespon setiap fenomena lingkungan Bangun motivasi kerja dan semangat mencapai cita-cita. Kita harus unik dan berbeda dengan yang lain secara nyata. Sederhanakan masalah untuk meringankan beban. Yakin akan adanya jawaban dari setiap masalah yang dihadapi. Buat prioritas dan tahapan pekerjaan

DAFTAR PELATIHAN PENGEMBANGAN UMKM (yang kami sediakan)

Komputer Bisnis Lab UMKM dan Kewirausahaan Lab Mind Set SPSS Sistem Komputerisasi Ak. Perpajakan Kewirausahaan Laboratorium Audit Seminar SIA e-Business Bank & Lembaga Keu. Lain Manajemen Keuangan SIM Eksport Import Studi Kelayakan Bisnis MSDM & Evaluasi Kinerja Pembukuan Sederhana Riset Pasar Manajemen Produk Manajemen Harga Manajemen Ritel Manajemen Grameen Bank Manajemen BMT Manajemen Inkubator Manajemen Network Bisnis Community Based Development Bisnis Plan Marketing Plan Manajemen Profit Costumers Network Management & Reseller Network Manajemen Penjualan Manajemen Perpajakan Manajemen Permodalan Manajemen Pemasaran

STRATEGI MENCIPTAKAN DAYA SAING USAHA MIKRO DAN KECIL

Usaha Mikro dan Kecil dapat menciptakan daya saing perusahaannya agar dapat survival di era persaingan bebas dengan alterlatif langkah-langkah sebagai beriku Superiority in Price, Keunggulan bersaing karena harga. Harga disini tidak selalu harus lebih murah, boleh lebih tinggi tetapi pelanggan harus merasakan nilai tambah yang lebih besar dibandingkan harganya. • Superiority quality and disain, keunggulan bersaing karena kualitas dan disain yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing. • Superiority in Customer responsiviness, keunggulan bersaing karena perusahaan mampu merespon need and wants customer. • Superiority in inovation, Keunggulan bersaing karena inovasi yang terus menerus dilakukan oleh perusahaan.

Tahapan Membangun Strategi Perusahaan

Penelitian oleh Gluck,Kaufman, dan walleck(The Four Phases of Strategic Management” Journal Of Business Strategy ( winter 1982),hal 9-21). Manajemen strategis dalam perusahaan akan berkembang melalui empat tahap berurutan Tahap 1.Perencanaan keuangan dasar : mencari pengendalianoperasional yang lebih baik melalui pemenuhan anggaran Tahap 2.Perencanaan berbasis peramalan : mencariperencanaan yg lebih efektif untuk pertumbuhan dg mencobameramalkan masa yg akan datang melebihi dari tahunberikutnya. Tahap 3.Perencanaan strategis : Mencari cara untukmeningkatkan respon terhadap pasar persaingan dg mencobaberpikir secara strategis Tahap 4.Manajemen Strategis : Mencari cara untuk mengelolasemua sumber daya guna mengembangkan keunggulankompetitif dan membantu menciptakan kesuksesan dimasa yg akan datang.

Kunci Sukses Menjadi Marketing Handal

HAL-HAL YANG PERLU KITA MILIKI UNTUK MENJADI MARKETING HANDAL; o Rasa percaya diri yang kuat. o Control diri yang baik o Memberikan dan meninggalkan kesan yang baik o Bahasa tubuh. CARA MEMUPUK KEPERCAYAAN DIRI o Banyak bergaul o Banyak belajar ketrampilan dan bahasa o Banyak membaca o Senang bertanya dan terbuka dalam kritik. o Suka berdiskusi o Memperhatikan sara-saran penampilan. CIRI MARKETER YANG MENGHAYATI PROFESINYA DENGAN BAIK o Sopan, ramah selalu menunjukkan sikap yang menyenangkan dan bersahabat kepada siapa saja. o Memiliki rasa percaya diri pada waktu menghadapi konsumen dari tingkat manapun. o Dapat menguasai diri, selalu berusaha tidak menyinggung perasaan konsumen, menyakiti atau mengganggu pikiran orang lain. o Segala tingkah laku dan ucapannya mencerminkan perhatian kepada konsumen dan pertimbangan terhadap kepentingan konsumen. o Sedapat mungkin berusaha tidak membuat kecewa, gusar apalagi membuat marah konsumen, walaupun dirinya sendiri baru dalam keadaan sedih, ke